Pengaruh Situasi memiliki penafsiran yang berbeda
beda dari beberapa ahli. Menurut wilkie pengaruh situasional
adalah kekuatan sesaat yg tidak berasal dari dalam diri seseorang atau berasal
dari produk atau merek yang di pasarkan , penelitian telah menemukan bahwa
faktor situasional mempengaruhi pilihan konsumen dengan mengubah kemungkinan
pemilihan berbagai alternative.
Menurut Asseal adalah kondisi sesaat yang
muncul pada tempat dan waktu tertentu. Kemunculanya terpisah dari diri produk
maupun konsumen. Sedangkan menurut belik, mendifinisikan situasi sebagai semua
faktor yang utama terhadap tempat dan situasi yang tidak menurut pengetahuan
seseorang (intra individu) dan stimulasi (alternative pilihan) dan memiliki
bukti dan pengaruh sistimatis pada prilaku saat itu.
Secara umum pengaruh
situasi adalah faktor faktor yang mempengaruhi konsumen dalam bertindak diluar
pengaruh produk tersebut dan juga iklan.
Pengaruh situasional pada konsumen berasal dari
dalam diri mapun dari lingkungan dimana konsumen berada pada saat melakukan
aktifitas. Terdapat beberapa faktor faktor yang mempengaruhi situasi konsumen
diantaranya yaitu:
- Melibatkan waktu dan tempat dalam mana aktifitas konsumen terjadi
- Mempengaruhi tindakan konsumen sperti prilaku pembelian
- Tidak termasuk karakteristik personal yang berlaku dalam jangka panjang
Situasi konsumen relative merupakan kejadian jangka pendek dan harus dibedakan
dengan lingkungan makro atau faktor-faktor personal yang memiliki jangka waktu
lama .
Sesuai dengan waktu kegunaannya, situasi konsumen
terbagi menjadi tiga diantaranya :
1.
Situasi Pembelian
Merupakan suatu kondisi atau suasana dimana
konsumen sedang melakukan pembelian produk. Situasi seperti ini akan mempengaruhi
konsumen dalam bertindak atau memutuskan pembelian. Contohnya : Pada saat
setelah olahraga seorang konsumen membutuhkan air untuk menambah stamina yang
mulai turun akibat kehausan dan kelelahan saat itu konsumen akan membeli air
minum berapapun harganya karena ia sangat membutuhkannya.
2.
Situasi Komunikasi
Merupakan suatu kondisi atau suasana dimana
konsumen melakukan komunikasi dan mendapatkan informasi, baik informasi secara
langsung maupun tidak langsung. Situasi seperti ini akan mempengaruhi konsumen
dalam melakukan pembelian. Contohnya : Seorang ibu memperoleh informasi dari
brosur mini market tentang adanya potongan harga pada mini market tersebut,
pada saat mendapatkan informasi tersebutlah seorang ibu tersebut dapat
memutuskan pembelian.
3.
Situasi Pemakaian
Merupakan suatu kondisi atau suasana yang dialami
konsumen saat pemakaian produk. Situasi tersebut dapat mempengaruhi konsumen
dalam melakukan pembelian. Contohnya: Mukena dipakai saat seorang wanita akan
shalat, baju hangat digunakan saat cuaca dingin.
Itulah beberapa situasi yang dapat mempengaruhi
konsumen dalam melakukan pembelian dan konsumsi.
SUMBER : http://pengaruh-situasi.blogspot.co.id/
http://zanbakhu.blogspot.com/2011/12/perilaku-konsumen-pengaruh-situasi.html
http://hieigemblung.blogspot.com/2012/11/pengaruh-situasi-terhadap-pembelian.html
http://virgikastamasoar.blogspot.com/2011/10/pengaruh-situasi.html
http://irfiii.blogspot.co.id/2013/01/pengaruh-situasi-terhadap-pembelian-dan_1.html
No comments:
Post a Comment